Rabu, 11 Mei 2022

Demontrasi Kontekstual

 3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual -Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran

  • Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

Adapun hal-hal yang akan saya lakukan dalam mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan di program guru penggerak adalah:

Melakukan konsultasi dan kordinasi dengan kepala sekolah sebagai pemangku kepemimpinan tentang hal-hal yang akan saya programkan dan lakukan terkait pengetahuan yang saya dapatkan di program guru penggerak

Membentuk komunitas praktisi yang merupakan wadah bagi saya untuk  melakukan pengimbasan, berdiskusi dan berkolaborasi tentang pengetahuan yang saya dapatkan di program guru penggerak.

Melakukan aksi nyata terkait pengetahuan yang saya dapatkan di program guru penggerak baik dalam proses pembelajaran dikelas ataupun dilikungan sekolah. Karena dengan memberikan bukti nyata, hal ini akan menjadi magnet tersendiri bagi rekan-rekan saya ataupun warga sekolah  untuk menerapkan secara bersama.

  • Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

Ketika saya dihadapkan pada sebuah masalah atau situasi yang menuntut saya untuk mengambil sebuah keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran, maka langkah-langkah awal yang akan saya lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran adalah sebagai berikut:

Saya akan mengidentifikasi masalah atau situasi yang saya  hadapi, apakah masalah tersebut termasuk bujukan moral atau dilema etika dan jika itu adalah dilemma etika maka kemudian saya akan menentukan paradigma dilema etika apa yang akan saya gunakan dalam menyelesaikan masalah tersebut, apakah individu lawan masyarakat (individual vs community), kebenaran lawan kesetiaan (justice vs mercy), keadilan lawan rasa kasihan (truth vs loyalty), atau jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term).

Kemudian berdasarkan paradigma tersebut, saya akan memilih prinsip yang akan saya gunakan dalam pengambilan keputusan, apakah prinsip berpikir berbasis hasil akhir (Ends- based thinking), berpikir berbasis peraturan (Rule-based thinking), ataukah berpikir berbasis rasa peduli (Care- based thinking).

Terakhir saya akan menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.Yakni :

Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan.

Menentukan siapa saja yang terlibat.

Mengumpulkan fakta-fakta yang relevan

Pengujian benar atau salah yang didalamnya terdapat uji legal, uji regulasi, uji intuisi, uji halaman depan koran, uji keputusan panutan/idola

Pengujian paradigma benar lawan benar

Prinsip Pengambilan Keputusan

Investigasi Opsi Trilemma

Buat Keputusan.

Tinjau lagi keputusan Anda dan refleksikan

  • Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.

Bagi saya, kita sebagai pendidik tidak lepas dari permasalahan atau situasi yang terkadang membuat kita sulit dalam mengambil sebuah keputusan atau merupakan dilema etika baik itu dengan kepala sekolah, guru atau siswa. Untuk itu saya akan menerapkan langkah-langkah pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran secepatnya atau ketika saya dihadapkan pada situasi dilema etika baik hari ini, besok, minggu depan atau hari-hari selanjutnya berdasarkan empat paradigma dilema etika, tiga prinsip dilema etika, dan sembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan agar keputusan yang saya ambil memberikan dampak yang baik.

  • Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif. 
Dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran tentunya saya tidakdapat melakukannya sendiri, saya membutuhkan orang untuk dapat menjadi teman diskusi saya dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Untuk itu, yang akan menjadi pendamping saya yang pertama adalah kepala sekolah selaku pemangku kepemimpinan yang nantinya dapat memberikan dukungan dan masukan kepada saya agar keputusan yang saya ambil sudah tepat dan efektif. Dan yang kedua adalah rekan sejawat saya yang merupakan anggota komunitas praktisi yang ada disekolah yang juga akan memberikan dukungan, masukan serta  mereka jugalah yang akan merefleksi apakah keputusan yang saya ambil sudah tepat atau belum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Webinar seri 7 Berbagi Praktik Baik Sahabat Teknologi Sulbar 2023

       Kegiatan berbagai praktek baik melalui komunitas belajar Duta teknologi Provinsi Sulawesi Barat di Platform Merdeka Mengajar,  saya b...