Senin, 23 Oktober 2023

Berbagi Praktik Inovasi Pembelajaran di SMPN Matakali

     

        Kegiatan berbagi praktik baik secara luring saya laksanakan pertama kali di sekolah saya sendiri tepatnya pada hari Selasa 17 Oktober 2023. Saya mengajak semua rekan sejawat di sekolah saya untuk mengikuti kegiatan tersebut dan alhamdulillah mereka semua memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut.

        Dimana kegiatan berbagi praktik baik ini dibuka langsung oleh bapak pengawas satuan pendidikan di wilayah kami dan beliau sangat mengapresiasi inovasi pembelajaran yang telah saya lakukan dan menghimbau kepada seluruh rekan sejawat saya untuk terus melakukan inovasi-inovasi pembelajaran. 

        Adapun tema dari kegiatan saya adalah Sa'beta (Sahabat Teknologi) Berbagi Praktik Baik inovasi pembelajaran dengan judul "Pembelajaran Menyenangkan Dengan Berdisco (Berdiferensiasi dengan classroom)"

            Inovasi pembelajaran yang saya lakukan adalah pembelajaran yang menggunakan platform teknologi classroom sebagai platform utama yang dimana saya integrasi-kan dengan beberapa platform teknologi lainnya, yaitu Canva, Google Slide, Google Docs, Google Form, Youtube, Quizizz dan saya juga menggunakan PMM sengai wadah saya untuk belajar terkait penerapan kurikulum merdeka khususnya pembelajaran diferensiasi serta saya juga banyak mendapatkan inspirasi dari aksi nyata dan praktik baik yang telah dilakukan oleh rekan guru diseluruh Indonesia. 

        Di akhir sesi kegiatan berbagi praktik baik yang saya lakukan, saya membuka ruang diskusi bagi rekan-rekan sejawat saya yang ingin menggali lebih dalam terkait inovasi yang saya lakukan. Ada beberapa teman saya yang mengajukan pertanyaan terkait inovasi pembelajaran saya "apakah inovasi tersebut dapat juga diterapkan untuk mata pelajaran PJOK yang beliau ampuh yang di ajukan oleh ibu Kamariah, S.Pd.,M.Pd dan oleh rekan saya bapak Rahmat, S.Pd.,M.Pd yang ingin mengetahuan lebih jauh pemanfaatan Google Classrom.

        Dari beberapa pertanyaan yang disampaikan saya menjelaskan bahwa inovasi yang saya lakukan dapat digunakan untuk semua mata pelajaran dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Kemudian saya juga menyampaikan keunggulan-keunggulan yang kita peroleh ketika kita menggunakan classroom yaitu, mudah diakses, mudah dalam menyajikan konten/materi, file/dokumen tersimpan rapi dan aman serta dapat di gunakan kapan saja dan dimana saja.



Daftar Hadir Peserta:












2 komentar:

Featured Post

Webinar seri 7 Berbagi Praktik Baik Sahabat Teknologi Sulbar 2023

       Kegiatan berbagai praktek baik melalui komunitas belajar Duta teknologi Provinsi Sulawesi Barat di Platform Merdeka Mengajar,  saya b...